PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Penyebab Penyakit Panu Gejala Dan Pengobatannya

pln-kitsbs.co.id – Diagnosis tinea versikolor dapat dibuat oleh dokter kulit setelah memeriksa kondisi kulit pasien. Untuk membuat diagnosis, dokter dapat melakukan hal berikut:

Pemeriksaan kulit dengan lampu khusus.

Kulit yang terinfeksi diperiksa oleh lampu Wood. Pada pemeriksaan lampu Wood, lendir terlihat berwarna hijau kekuningan.
Penghapusan sampel goresan kulit. Dari kulit yang akan diperiksa di laboratorium, sampel kecil diambil untuk mengikis kulit untuk mendeteksi keberadaan jamur.
Perawatan panu
Perawatan jamur dapat dilakukan dengan antijamur dalam bentuk lotion, krim atau sampo. Dalam kasus lendir ringan, beberapa obat bebas dapat digunakan untuk membunuh infeksi jamur. Obat-obatan ini termasuk:

Shampo antijamur.

Untuk membasmi jamur, shampo pertama kali digunakan sebagai busa dan kemudian diterapkan pada kulit yang terinfeksi selama 5-20 menit sebelum kulit dibersihkan lagi. Terapi ini harus dilakukan selama 5-7 hari sampai kulit bersih dari lendir. Contoh sampo lendir adalah ketoconazole dan selenium sulfide. Namun, sampo selenium sulfida dapat menyebabkan efek samping seperti kulit kering atau teriritasi.

Krim atau lotion antijamur.

Contoh obat jenis ini yang dijual bebas adalah miconazole, clotrimazole dan lotion selenium sulfida. Saat menggunakan krim atau lotion, area kulit yang terinfeksi harus dibersihkan terlebih dahulu dan kemudian dioleskan ke kulit 1-2 kali sehari selama setidaknya dua minggu. Jika antijamur yang dijual bebas tidak dapat mengatasi lendir, dokter dapat meresepkan obat yang diterapkan pada kulit yang terinfeksi lendir. Contoh obat ini adalah ketoconazole dan terbinafine.
Jika lendir muncul di area kulit yang besar dan tebal, dokter dapat memberikan antijamur. Obat ini dapat dikonsumsi selama seminggu atau sebulan. Beberapa efek samping yang dapat terjadi setelah mengambil antijamur adalah mual, sakit perut, dan ruam.

Setelah perawatan ada kemungkinan lendir akan kambuh, terutama jika suhunya panas atau lembab. Untuk menghindari hal ini, pasien dapat menggunakan sampo selama beberapa hari sebelum pergi ke tempat yang hangat atau lembab. Namun, jika lendir muncul beberapa kali setelah perawatan, dokter dapat meresepkan Anda tablet antijamur yang diminum beberapa kali dalam sebulan untuk menghindari terulangnya lendir.

Panu disebabkan oleh Malassezia, sejenis jamur yang umum di kulit. Namun, jamur bisa tumbuh berlebihan, membentuk lendir. Beberapa faktor yang dapat memicu perkembangan jamur ini adalah kulit berminyak, iklim panas dan lembab, keringat berlebih, perubahan hormon dan sistem kekebalan tubuh yang melemah. Setiap orang memiliki jamur Malassezia di tubuhnya, dan sudah pasti lendir itu bukan penyakit kulit menular. Jadi jangan salahkan orang lain jika Anda memiliki lendir.

Cara mengatasi Panu di rumah

Jika Anda memiliki lendir yang kurang serius, Anda dapat menggunakan krim, salep atau sabun atau sampo yang mengandung clotrimazole, selenium sulfide (1 persen), miconazole, terbinafine dan zinc pyrithione. Obat anti-lendir ini tersedia secara bebas di toko obat atau supermarket.

Sebelum mengoleskan tinea versicolor dalam bentuk krim atau salep, disarankan untuk:

Cuci kulit dengan lendir lalu keringkan.
Kemudian oleskan krim atau salep tipis 1-2 kali sehari selama 14 hari.
Jika Anda menggunakan sabun, diamkan selama 5-10 menit sebelum dibilas.
Atasi Panu secara medis
Setelah perawatan di rumah, di mana lendir belum membaik atau bahkan meningkat, Anda harus pergi ke dokter kulit, sehingga dokter dapat kembali menentukan penyelidikan untuk melihat apakah ada keluhan lendir yang sebenarnya. Berdasarkan hasil pemeriksaan, dokter dapat menentukan perawatan mana yang paling cocok.

Pada pemeriksaan, dokter dapat meminta goresan kecil pada kulit dan memeriksanya dengan mikroskop atau memeriksa kulit dengan sinar ultraviolet. Jika ternyata lendir, dokter meresepkan obat lendir dengan bahan aktif yang lebih kuat seperti

Setelah kulit pulih dari infeksi jamur, masih mungkin untuk melihat lendir pada kulit. Tapi jangan khawatir, setelah beberapa saat warna kulit akan kembali ke warna aslinya.

Untuk mencegah Panu ditampilkan lagi

Meskipun penggunaan obat terhadap lendir dapat menghilangkan lendir, tetapi seringkali luka telah disembuhkan, mereka dapat muncul kembali. Ini normal karena jamur sebenarnya ada di kulit Anda. Ini dapat dicegah dengan menggunakan obat herbal 1-2 kali sebulan, terutama jika Anda tinggal di lingkungan yang hangat dan lembab.

Selain itu, mencegah penyakit kulit ini dengan mengenakan pakaian dengan bahan berserat alami (seperti kapas). Hindari pakaian yang terlalu ketat. Hindari produk yang dapat menyebabkan kulit berminyak. Kurangi sinar matahari sebelum meninggalkan ruangan.

Sumber: https://www.caramedis.co.id/

Baca Artikel Lainnya:

MEMAHAMI DEFINISI HIMPUNAN DALAM ILMU MATEMATIKA

MANFAAT OLAHRAGA BASKET UNTUK KESEHATAN TUBUH

 

Tags:

About

View all posts by