PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Pentingnya Belajar Matematika

pln-kitsbs.co.id – Dua puluh tahun yang lalu, US NRC (National Research Council, 1989: 1) menegaskan pentingnya matematika dengan pernyataan berikut: “Matematika adalah kunci peluang”. Matematika adalah kunci peluang. Bagi seorang siswa, pembelajaran yang sukses akan membuka pintu menuju karier yang cemerlang. Untuk warga negara, matematika mendukung keputusan yang tepat. Untuk suatu negara, matematika mempersiapkan warganya untuk kompetisi dan kompetisi di bidang ekonomi dan teknologi.

Kursus matematika harus diberikan kepada semua siswa sekolah dasar sehingga mereka dapat berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif dan bekerja bersama
Karena belajar matematika, kita akan belajar berpikir kritis, kreatif dan aktif.

Matematika mengacu pada asal kata dan mengacu pada pengetahuan yang diperoleh melalui pemikiran.

James dan James (1976). Matematika adalah ilmu logika dalam hal bentuk, struktur, jumlah dan konsep yang berkorelasi dalam jumlah besar dan dibagi menjadi tiga bidang, aljabar, analisis dan geometri.

Johnson dan Rising (1972). Matematika adalah model pemikiran, model organisasi, tes logika, matematika adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan jelas, jelas dan tepat, representasi dengan simbol dan tubuh, lebih dalam bentuk simbol ucapan pada ide daripada pada terdengar.

Reys et al. (1984). Matematika adalah studi tentang pola dan hubungan, mentalitas, seni, bahasa, dan alat.

Ruseffendi E.T (1988: 23). Matematika terdiri dari unsur-unsur yang tidak didefinisikan, definisi, aksioma dan teorema di mana bukti-bukti yang terbukti umumnya diterapkan. Karena itu, matematika sering disebut sebagai ilmu deduktif.

· Kline (1973). Matematika bukanlah ilmu yang terisolasi yang bisa sempurna dalam dirinya sendiri, tetapi keberadaan matematika di atas semua dimaksudkan untuk membantu orang memahami dan menguasai masalah ekonomi, sosial dan alam.

Sebagian besar (1982) dalam Abdurrahman (1999: 252). Gagasan gagasan manusia tentang matematika bervariasi sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan. Beberapa mengatakan bahwa matematika hanyalah perhitungan yang mengandung lebih banyak, lebih sedikit, waktu dan pembagian. namun, beberapa terkait dengan topik seperti aljabar, geometri, dan trigonometri. Banyak juga yang berpikir bahwa matematika mencakup segala sesuatu yang ada hubungannya dengan pemikiran logis. Ilmu matematika termasuk aritmatika, geometri, aljabar, dll.

Tentu saja, jika Anda ingin menjadi idealis, ada banyak manfaat matematika untuk sains

pengetahuan lain dan juga seumur hidup, misalnya:

Kombinasi (statistik) dapat digunakan untuk menentukan jumlah formasi tim
Bola voli itu bisa dilakukan.

Aritmatika digunakan hampir setiap hari, berhitung.
Geometri dapat digunakan oleh para ahli sipil karena mereka geometri
bahas bangunan dan ruang.

Aljabar dapat digunakan untuk memecahkan masalah tentang cara menghasilkan keuntungan
sebisa mungkin dengan biaya serendah mungkin.

Mungkin dia bisa membantu dengan logika matematika, tetapi berpikir secara logis

Tentu saja, tidak hanya matematika yang dapat membantu dengan penalaran logis.

beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika Anda belajar matematika:

1. Cara berpikir matematis sistematis melalui proses reguler dan tertentu. Dengan belajar matematika, otak kita digunakan untuk memecahkan masalah secara sistematis. Jadi jika diterapkan dalam kehidupan nyata, kita bisa menyelesaikan masalah dengan lebih mudah
2. Cara berpikir matematis adalah deduktif. Kesimpulan diambil dari pertanyaan umum. bukan karena alasan khusus. untuk menarik kesimpulan berpikir tentang “kebetulan”. Sebagai contoh, kita tidak dapat mengatakan bahwa “kita tidak dapat melewati A Street pada hari Sabtu karena jalan tersebut mengklaim korban setiap hari Sabtu” hanya karena ada beberapa orang yang mengalami kecelakaan di jalan pada hari Sabtu dan meninggal. Kita harus berpikir bahwa orang yang meninggal di jalan pada hari Sabtu bukanlah korban. Namun, harus ditinjau kembali jika orang tersebut tidak hati-hati atau jika jalannya cukup buruk atau sebab lain yang lebih rasional.
3. Belajar matematika mengajarkan kita untuk menjadi orang yang bertindak lebih dalam, dengan hati-hati dan tidak sembarangan. Apakah ini benar? Mencobanya. Apakah Anda ingat teman ketika Anda mengerjakan soal matematika? Kita benar-benar harus memperhatikan angka-angkanya, angka nol setelah koma, grafik apa, persimpangan apa, dan sebagainya. Ketika kita memasukkan angka, kita melihat grafik atau menghitung.

Sumber: https://www.masterpendidikan.com

Baca Artikel Lainnya:

GAYA HIDUP SEHAT

BAGAIMANA MEMILIH BAHAN HANDUK YANG TEPAT

 

Tags:

About

View all posts by