PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Penjelasan Suntik Jerawat

Meski bukan masalah yang mengancam, namun jerawat adalah suatu kondisi yang menyebalkan dan tidak memberi kepercayaan diri. Terutama jika jerawat yang muncul meradang dan bernanah. Selain menyebabkan rasa sakit saat disentuh, jerawat juga bisa mengganggu penampilan. Berita baiknya adalah injeksi jerawat sekarang dianggap sebagai cara cepat untuk menghilangkan jerawat yang meradang.

Seberapa efektif metode ini untuk menghilangkan jerawat dan apa efek sampingnya? Lihat ulasan di artikel ini.

Suntik Jerawat

Apa itu injeksi jerawat dan bagaimana cara kerjanya?
Suntikan jerawat atau suntikan steroid adalah salah satu perawatan untuk perawatan jerawat yang meradang parah, seperti jerawat kistik atau jerawat kistik. Prosedur ini tidak dianjurkan untuk perawatan jerawat ringan hingga sedang, seperti komedo jerawat.

Jerawat Anda akan mengempis lebih cepat dan pulih dalam beberapa jam setelah injeksi. Tidak hanya itu, suntikan jerawat juga bisa mengurangi risiko bekas jerawat. Jadi, jika Anda memiliki beberapa jerawat yang meradang beberapa hari sebelum suatu peristiwa penting, metode ini bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

Apakah prosedur ini aman?
Suntikan jerawat aman jika dilakukan oleh spesialis kulit dan Kelamin (Sp.KK) yang kompeten di bidang dermatologi. Ini karena prosedur injeksi untuk menentukan dosis obat yang digunakan harus benar dan benar. Tetapi jika prosedur yang Anda lakukan tidak tepat, injeksi jerawat dapat menyebabkan masalah di kemudian hari, seperti munculnya bopeng.

Prosedur ini juga aman dilakukan di bagian tubuh selain wajah, asalkan jenis jerawatnya seperti yang disebutkan di atas. Selain itu, tidak ada batasan usia untuk melakukan prosedur ini. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menyuntikkan jerawat.

Harus jelas bahwa suntikan jerawat bukan untuk mengobati jerawat, tetapi untuk mengatasi reaksi peradangan serius yang terjadi. Oleh karena itu, injeksi jerawat dilakukan jika perlu, bukan prosedur rutin yang dapat dilakukan setiap kali terjadi penyimpangan. Perawatan juga masih harus dikombinasikan dengan perawatan jerawat lainnya seperti penggunaan krim jerawat atau obat-obatan.

Apa efek samping paling umum dari prosedur ini?
Efek samping dari suntikan jerawat pada dasarnya sama dengan prosedur injeksi lainnya, yaitu rasa sakit dan kemerahan di tempat suntikan. Pasien juga mungkin mengalami reaksi alergi jika mereka sensitif terhadap obat steroid. Jika sudah begini, segera konsultasikan dengan spesialis kulit dan kelamin untuk perawatan lebih lanjut.

Efek samping lain yang mungkin terjadi adalah munculnya bopeng atau atrofi, atau penyempitan jaringan otot atau kulit di area tempat injeksi. Namun, efek samping ini umumnya terjadi jika prosedur ini tidak dilakukan oleh Sp. K dokter dengan dosis dan suntikan yang tidak tepat, sehingga dapat merusak kulit.

Apa batasan yang harus dihindari sebelum dan sesudah prosedur ini?
Pada kenyataannya tidak ada batasan yang berarti sebelum atau setelah pasien melakukan prosedur ini. Beberapa tabu dapat ditekankan pada perubahan gaya hidup seperti perawatan wajah rutin dan menghindari semua jenis makanan penyebab jerawat, seperti makanan berlemak dan produk susu. Dengan cara ini, manfaat suntikan jerawat bisa dirasakan lebih optimal.

Baca juga:

About

View all posts by