PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Pengertian Manajemen Serta Tujuan

Pengertian Manajemen Serta Tujuan

Memahami manajemen

Secara umum, konsep manajemen adalah seni dalam sains dan organisasi, seperti mengelola rencana, membuat organisasi, dan juga mengatur, mentransfer, mengendalikan, atau mengendalikan.

Dapat juga diartikan bahwa manajemen adalah ilmu yang sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana orang bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain dan kelompok tertentu dan masyarakat luas.

Secara etimologis, gagasan manajemen adalah seni implementasi dan regulasi.

Manajemen juga dipandang sebagai ilmu yang mengajarkan proses pencapaian tujuan dalam organisasi, sebagai usaha patungan dengan beberapa orang dalam suatu organisasi.

Jadi, ada orang yang merumuskan dan melakukan tindakan manajemen, yang disebut manajer.

Untuk lebih memahami pemahaman manajemen, di sini kami menyajikan beberapa pemahaman manajemen menurut para ahli:

Menurut Savalgio Puspopranoto (2006: 99)

Manajemen adalah proses pencapaian tujuan organisasi, bekerja bersama, melalui orang dan sumber daya organisasi lainnya.

Menurut bahasa Melayu S. Hashibuang (2000: 2)

Manajemen adalah ilmu dan seni yang mengatur proses penggunaan sumber daya manusia dan sumber lain secara efisien dan efektif untuk mencapai satu tujuan.

Menurut T. Hani Handoko (2000: 10)

Kepemimpinan bekerja dengan orang-orang untuk mendefinisikan, menafsirkan, dan mencapai tujuan organisasi dengan menerapkan fungsi perencanaan, organisasi, pelatihan, kepemimpinan, arahan, dan kontrol.

Tujuan manajemen

  • Menerapkan dan mengevaluasi strategi yang kami pilih secara efisien dan efektif.
  • Mengevaluasi efektivitas, meninjau dan menganalisis situasi dan membuat berbagai penyesuaian dan koreksi jika ada penyimpangan dalam implementasi strategi.
  • Selalu perbarui strategi yang telah kami rumuskan agar sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternal.
  • Selalu menganalisis kekuatan dan kelemahan, peluang dan ancaman dari peluang yang ada.
  • Selalu berinovasi dalam aktivitas sehingga kita hidup lebih teratur.

Prinsip Manajemen

Pengertian Manajemen Serta Tujuan

Menurut Henry Fayola, prinsip dasar manajemen adalah sebagai berikut:

  • Pembagian kerja
  • Otoritas dan tanggung jawab
  • disiplin
  • Kesatuan perintah
  • Kesatuan arah
  • Prioritas kepentingan organisasi di atas kepentingannya sendiri

4 Fungsi Manajemen Dasar

Perencanaan

Fungsi manajemen utama pertama adalah pengambilan keputusan dan perencanaan. Pada dasarnya, perencanaan atau perencanaan menentukan tujuan organisasi dan menentukan cara terbaik untuk mencapainya.

Pengambilan keputusan adalah bagian dari perencanaan, yang dikaitkan dengan pilihan langkah atau tugas yang harus dilakukan untuk mencapai target organisasi.

Perencanaan harus menetapkan batas waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas ini dan siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut.

Organisasi

Setelah merencanakan dan mengidentifikasi langkah atau tugas untuk mencapai tujuan organisasi, fungsi manajemen selanjutnya adalah memilih orang yang tepat dan sumber daya lainnya untuk mengimplementasikan rencana yang direncanakan.

Pada dasarnya, sebuah organisasi berarti pendelegasian tugas yang ditetapkan selama perencanaan kepada individu atau kelompok yang termasuk dalam organisasi tersebut.

Dalam fungsi “Organisasi” ada kelompok tindakan dan persiapan struktur organisasi yang menjelaskan fungsi setiap bagian dan sifat hubungan antara bagian-bagian ini dalam struktur organisasi.

memimpin

Setelah menetapkan perencanaan dan pengorganisasian sumber daya yang diperlukan, fungsi manajemen ketiga adalah untuk mengarahkan atau beberapa orang menyebutnya fungsi manajemen arah.

Kepemimpinan dalam manajemen adalah serangkaian proses yang digunakan sehingga setiap anggota organisasi dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi.

Baca Juga :

Tags:

About

View all posts by