PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Pengertian Internet dan Sejarahnya

Internet adalah jaringan komunikasi yang menghubungkan media elektronik dengan media lain. Standar di seluruh dunia untuk dukungan teknologi adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (disingkat TCP / IP).

TCP / IP adalah Protokol Komunikasi Switching di luar negeri yang dapat digunakan oleh miliaran pengguna lain di seluruh dunia. Sementara itu, istilah “internetworking” mengacu pada cara / proses menghubungkan ke koneksi internet dan penerapan aturan di atas.

Di kota-kota besar, kita sering menemukan bahwa Internet memiliki dampak besar pada semua bisnis. Mulai dari kantor dengan teknologi canggih, yang dengannya semua aktivitas kantor dapat dikelola lebih cepat dan lebih efisien. Menurut bukupedia Internet dapat menawarkan solusi yang tepat untuk berbagai masalah.

Sejarah Singkat Internet

Pada 1960-an, Departemen Pertahanan AS memelopori sistem jaringan yang disebut ARPANET melalui Badan Proyek Penelitian Lanjut atau Disingkat, seperti ARPA. ARPANET ini adalah asalnya sebelum dasar teknologi internet. Tidak sampai tahun 1980-an internet digunakan oleh kalangan terbatas dan melakukan tugasnya dengan menghubungkan berbagai lokasi atau universitas populer di Amerika Serikat.

Protokol TCP / IP standar yang sama diterbitkan pada tahun 1982. Keberadaan nama domain juga digunakan empat tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1984. Oleh karena itu, National Science Foundation Network (NSFNET) didirikan dan dikembangkan pada tahun 1986. NSFNET telah mulai menggantikan peran ARPANET sebagai forum penelitian terkait di Amerika Serikat. Akhirnya, beberapa jaringan internasional didirikan di banyak negara dan terhubung melalui NSFNET.

ARPANET diturunkan kemudian pada tahun 1990. Bahkan, Internet yang telah berevolusi terus tumbuh. Di masa lalu, informasi yang dapat diakses melalui Internet hanyalah informasi teks. Dan pada tahun 1990, CERN mulai lagi mengembangkan layanan grafis berbasis iklan serupa yang disebut WWW (World Wide Web). InterNIC didirikan pada tahun 1993 untuk memungkinkan nama domain didaftarkan di tempat umum. Butuh sekitar 1994 untuk Internet datang ke negara kita, terutama Indonesia.

Internet Positif di Indonesia

Pada waktu itu, Internet lebih dikenal di Indonesia dengan nama yang unik, Circle of Friends Network. Circle of Friends Network juga berarti mirip dengan namanya, di mana semangat kekeluargaan atau kolaborasi antar anggota pengembang teknologi begitu ketat.

Ini sangat berbeda dengan suasana perkembangan internet saat ini di Indonesia, yang tentunya lebih sesuai dengan tujuan komersial. Namun tentu saja bukan hanya downside yang dirasakan, pertumbuhan e-commerce dan perusahaan ritel lainnya telah meningkat secara signifikan dan juga berkontribusi pada perkembangan ekonomi.

Pada saat itu, RMS Ibrahim, Adisoemarta, Suryono, Muhammad Ihsan, Putu, Robby Soebiakto, Firman Siregar, Adi Idrayanto dan Onno Purbo adalah beberapa nama pengembang internet legendaris yang disebutkan dalam sejarah internet pertama di Indonesia antara tahun 1992 dan 1994. Setiap pengembang memiliki keahliannya untuk membuat kisah TI di Indonesia yang diterapkan dan digunakan.

Sekian artikel tentang Pengertian Internet dan Sejarahnya semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tags:

About

View all posts by