PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Pengertian Algoritma dan Pemrograman dan Contoh

Pengertian Algoritma dan Pemrograman

Pengertian Algoritma dan Pemrograman dan Contoh – Algoritma dan pemrograman adalah salah satu mata pelajaran wajib yang siswa harus belajar di bidang ilmu komputer, teknik komputer dan teknik listrik. Algoritma dan pemrograman adalah salah satu bahan kuliah yang banyak dikhawatirkan mahasiswa cukup sulit. Selain siswa atau siswa, programmer sangat membutuhkan sistem ini sebagai sistem dasar dari apa yang mereka lakukan.

Memahami Algoritma

Apa itu algoritma? Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah prosedur penghitungan langkah.

Secara umum, konsep algoritma adalah cara yang efektif untuk serangkaian instruksi terbatas yang didefinisikan dengan baik untuk menghitung fungsi. Dari penjelasan di atas, definisi algoritma secara singkat merupakan langkah sistematis untuk menyelesaikan masalah. Biasanya algoritme disajikan dalam bentuk diagram, diagram alur, dan sebagainya.

Sejarah algoritma

Pengertian Algoritma dan Pemrograman

Sejarah algoritma Pada era peradaban Islam 780-850. AD Ada seorang ilmuwan bernama Abu Jafar Mohammed ibn Musa Al-Khorezmi yang menemukan algoritma. Algoritma itu sendiri diambil dari bahasa Inggris, yaitu algoritma, yang berarti perhitungan dalam angka Arab. Pemrograman pada Alogortma diperlukan ketika beberapa pihak tidak mengerti bagaimana komputer dapat menangani hasil yang diharapkan. Algoritma yang bersih dapat membantu programmer yang akan menambahkan prosedur ke komputer mereka untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Ini adalah riwayat algoritme, yang bukan merupakan ikhtisar kecil. Ada beberapa jenis algoritma pemrograman, yaitu.

Jenis algoritma pemrograman

1. Membagi dan menaklukkan

Kami membantu membagi masalah besar menjadi masalah kecil.

2. Pemrograman dinamis

Membantu pemrograman dinamis yang berisi substruktur optimal dengan beberapa tugas yang tumpang tindih.

3. Metode ya

Tanpa mengetahui subtugas pada setiap tahap dan menggunakan solusi serakah.

4. Blokir diagram sistem

Diagram alir yang menggambarkan sistem perangkat keras komputer biasanya digunakan untuk pemrosesan data. Biasanya digunakan untuk prosedur dalam sistem.

5. Pseudocode (pseudocode)

Tujuannya adalah untuk menggambarkan fase pemecahan masalah dengan kata-kata. Kerugian dari metode ini adalah bahwa itu kurang dipahami, dan hanya sedikit orang yang mengerti.

Setelah memahami apa itu algoritma, sekarang saatnya untuk membahas algoritma pemrograman. Singkatnya, algoritma pemrograman adalah langkah-langkah untuk memecahkan masalah programmer. Di bawah ini adalah contoh algoritma dan pemrograman.

Contoh algoritma pemrograman

1. Contoh masalah algoritma dalam matematika

Algoritma untuk menghitung nilai y menggunakan persamaan y = 2x + 8 memiliki bentuk:
a Mulai
b. Tentukan nilai x
c. Hitung nilai y = 2x + 8
Keluaran nilai x dan y
e. Selesai

2. Contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari

Algoritma penyalinan
a Siapkan 1 bungkus kopi, gula pasir, 1 gelas air, panci dan sendok.
b. Masukkan 1 gelas air ke dalam panci
c. Rebus air

Tunggu sampai mendidih
Masukkan 1 bungkus kopi dan gula secukupnya, tambahkan air panas ke gelas
e. Aduk sampai merata
d. melayani

3. Contoh algoritma dalam pemrograman

Algoritma ini adalah pseudocode, yang merupakan kode yang mirip dengan kode perangkat lunak, seperti Pascal atau C, sehingga dapat digunakan dalam algoritma pemrograman yang akan ditransmisikan ke komputer. Selain itu, mungkin dalam bentuk gambar, seperti diagram blok untuk komunikasi.

Lihat Juga :

Tags:

About

View all posts by