PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Manfaat Laporan Arus Kas dalam Sebuah Perusahaan

Laporan arus kas, juga disebut arus kas, adalah bagian dari laporan keuangan yang menyajikan informasi tentang penerimaan dan pembayaran kas selama suatu periode. Laporan arus kas untuk organisasi, bisnis, atau perusahaan harus disiapkan dengan menyiapkan dua pernyataan berbeda antara penerimaan kas dan pembayaran tunai.

Sebagai contoh, catatan pendapatan tunai adalah investasi, pendapatan dan aliran masuk lain yang diterima oleh perusahaan. Catatan kas adalah pengeluaran yang harus ditutup oleh suatu entitas, atau pengeluaran lain yang memerlukan biaya awal. Sebagaimana dibahas sebelumnya dalam manfaat laporan keuangan perusahaan, artikel ini akan melihat manfaat dari laporan arus kas perusahaan yang dapat diperoleh investor, kreditor, atau orang lain sebagai berikut:

1. Mudah melihat posisi keuangan perusahaan Anda

Dengan laporan arus kas, perusahaan dapat dengan cepat dan mudah mengetahui posisi keuangan perusahaan. Arus kas menunjukkan jumlah arus kas positif atau bersih, yang berarti bahwa perusahaan tersebut menguntungkan. Sebaliknya, jika arus kas menunjukkan angka negatif, entitas akan mengalami kerugian atau defisit. Pernyataan arus kas penting karena dapat menjadi dokumen pendukung dalam menilai manajemen perusahaan.

2. Meningkatkan aset bisnis di masa depan

Laporan Arus Kas berguna untuk mengetahui hubungan antara investor dan kreditor dalam suatu bisnis. Dengan melihat Laporan Arus Kas, Anda dapat memperoleh informasi tentang penurunan dan kenaikan uang tunai. Investor atau kreditor dapat dengan mudah melihat bagaimana perusahaan dapat menghasilkan uang untuk masa depan, atau mereka dapat mengharapkan uang diperoleh pada periode berikutnya. Kemudian dapat digunakan untuk mengukur operasi perusahaan dengan mengambil keuntungan dari riset pemasaran perusahaan.

3. Mengevaluasi kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajibannya

Manfaat lain dari laporan arus kas yang biasanya didukung oleh manfaat laporan laba rugi Perusahaan adalah kemampuan Perusahaan untuk membayar kewajiban Perusahaan, seperti biaya karyawan, utang perusahaan, dll. Laporan arus kas berisi informasi tentang sumber uang dan berapa banyak yang akan dibelanjakan sehingga baik investor dan kreditor dapat mengetahui dengan pasti apa arus kas perusahaan.

4. Pertimbangkan pembiayaan dan investasi di perusahaan

Laporan arus kas memiliki tiga bagian: keuangan, investasi dan kegiatan operasi. Ini akan memudahkan investor dan kreditor untuk mengetahui investasi dan aktivitas pendanaan perusahaan. Jika ada perubahan volume aset selama periode ini, penyebabnya dapat dilacak dengan melihat laporan arus kas ini. Ini adalah salah satu manfaat akuntansi seumur hidup dalam aplikasi bisnis data arus kas.

5. Kurangi laba bersih dari arus kas bersih

Bagi suatu perusahaan, jumlah laba bersih menjadi penting karena dapat menentukan apakah perusahaan tersebut gagal. Ini dapat dilakukan dengan memantau data arus kas dari satu periode ke periode lain untuk menemukan alasan jika ada perbedaan di antara keduanya. Ini membuat manfaat dari laporan arus kas sama pentingnya dengan manfaat asuransi dari bisnis.

Baca Juga :

About

View all posts by