PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Manfaat Kuning Telur dan Putih Telur

Manfaat Kuning Telur

Manfaat Kuning Telur dan Putih Telur

Klik di sini untuk berbagi di Facebook (Buka di jendela baru) Klik untuk berbagi di Twitter (Buka di jendela baru) Klik untuk berbagi di Tumblr (Buka di jendela baru) Klik di sini untuk Bagikan di LinkedIn (Buka di jendela baru) Klik di sini untuk berbagi secara online Baru (Terbuka di jendela baru)

Perbedaan manfaat kuning telur dan putih telur

Di mana kuning telur, putih adalah. Meskipun keduanya memiliki manfaat yang berbeda, telur utuh adalah sumber lengkap protein berkualitas tinggi dengan hanya sedikit kalori. Telur mengandung total 5,5 gram protein dalam 68 kalori. Telur mengandung nutrisi yang disebut kolin, yang sangat penting bagi tubuh, yang sayangnya tidak diproduksi oleh tubuh sesuai kebutuhan. Tanpa nutrisi ini, Anda mungkin kehilangan nutrisi penting lainnya seperti asam folat. Bagian mana dari telur yang tidak memiliki kolesterol? Bagian mana yang memiliki banyak vitamin? Jawabannya ada di bawah ini.
Informasi gizi dalam kuning telur dan protein

Manfaat Kuning Telur
Perbedaan kuning telur dan protein

Manfaat kuning telur
1. Vitamin berlimpah

Kuning telur mengandung lebih banyak vitamin daripada protein. Setiap kuning telur mengandung tujuh vitamin, yaitu B6, asam folat, vitamin B, B-12, A, D, E, dan K. Vitamin ini hanya ada dalam kuning telur dan bukan dalam protein. Kuning telur adalah salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D.
2. Kaya akan mineral

Seperti vitamin, mineral sangat penting untuk membangun mekanisme pertahanan yang dapat mengambil alih fungsi tubuh seperti menyeimbangkan elektrolit. Kuning telur dan putih telur masing-masing memiliki 13 jenis mineral. Mineral-mineral ini termasuk kalsium, magnesium, zat besi, kalium, natrium dan selenium. Meski sama-sama mengandung mineral ini, kuning telur mengandung lebih banyak mineral daripada protein. Misalnya, 90% kalsium dan 93% zat besi terkandung dalam telur dalam kuning telur.
3. Baik untuk kesehatan mata

Karotenoid dalam kuning telur, terutama karotenoid lutein dan zeaxanthin, berkontribusi pada peningkatan kesehatan mata. Karotenoid ini adalah pigmen warna-warni yang memberikan kuning telur dicelup. Zat-zat ini dapat mengurangi risiko yang berkaitan dengan usia seperti degenerasi makula dan katarak. Karotenoid juga bertindak sebagai antioksidan di mata, melindungi mereka dari radikal bebas yang dapat merusak bagian retina. Ketika retina rusak, kemampuan mata untuk benar-benar memfokuskan cahaya terganggu.
4. Baik untuk jantung

Kuning telur dengan vitamin, mineral, dan nutrisi lain juga meningkatkan kesehatan jantung. Kuning telur tidak memiliki hubungan langsung dengan penyakit jantung, tetapi kolin sebagai salah satu nutrisi yang dikandungnya dapat mengatur fungsi kardiovaskular. Selain itu, sebuah studi oleh University of North Carolina di Chapel Hill menemukan bahwa wanita dengan penggunaan kolin yang lebih tinggi 24% dibandingkan dengan wanita lain memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara.
Manfaat protein
1. Baik untuk pencegahan hipertensi

Diet tinggi protein dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi yang lebih rendah, dan penelitian baru menunjukkan bahwa protein memang sangat bermanfaat. Dalam sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan di American Chemical Society, para ilmuwan dari Clemson University menemukan bahwa peptida yang disebut RVPSL ditemukan dalam putih telur. Senyawa ini dapat menurunkan tekanan darah dengan sifat yang sama seperti obat tekanan darah tinggi (tekanan darah tinggi), yang merupakan agen penghambat yang dapat memicu tekanan darah tinggi.
2. Tidak ada kolesterol

Telur mengandung cukup kolesterol untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Tetapi sampai 213 mg kolesterol ada dalam kuning telur. Jika Anda hanya makan protein, Anda akan menghindari unsur-unsur berbahaya. Orang yang tidak memiliki masalah kesehatan dapat mengkonsumsi maksimum 300 mg kolesterol per hari, tetapi tidak lebih dari 200 mg kolesterol per hari untuk pasien dengan penyakit tertentu (seperti diabetes atau penyakit kardiovaskular).
3. Rendah kalori

Telur bukan makanan berkalori tinggi, mereka biasanya hanya memiliki 71 kalori per butir besar. Namun, jika Anda tidak makan kuning telur, Anda memiliki 55 kalori dalam makanan Anda. Daripada menyiapkan telur dadar dengan tiga telur, lebih baik menggunakan satu telur utuh dan dua putih telur. Dengan cara ini Anda bisa meminimalkan risiko kelebihan kalori dalam tubuh.

Baca Juga :

About

View all posts by