PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Manfaat Jamur

Jamur telah lama dikonsumsi baik sebagai makanan dan untuk pembuatan beberapa obat, karena tanaman ini kaya akan nutrisi. Namun, makan jamur tidak selalu baik untuk tubuh karena ada beberapa jamur beracun. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang manfaat kesehatan jamur dan risiko potensial dalam ikhtisar berikut.

Jamur adalah tanaman yang dapat hidup di alam liar dan juga tumbuh. Tanaman ini sering didambakan sebagai makanan diet dan makanan yang mudah diproses, baik segar maupun kalengan. Jamur yang paling sering dikonsumsi adalah jamur putih atau jamur shitake.

Menurut Health Line, jamur rendah kalori tetapi tinggi protein, serat, vitamin dan mineral. Selain itu, jamur mengandung antioksidan, selenium dan polisakarida serta vitamin D2 (ergocalciferol).

Berikut adalah manfaat dari jamur

1. Jamur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh

Dalam pengobatan Cina tradisional, jamur shitake digunakan untuk memproduksi obat flu. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak jamur shitake dapat melawan virus dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi bakteri atau jamur.

Karena itu, jamur shitake dan tiram mengandung beta-glukan, salah satu polisakarida yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dalam satu penelitian, 52 orang mengkonsumsi satu atau dua jamur kering per bulan, fungsi kekebalan tubuh mereka meningkat, dan risiko peradangan berkurang.

2. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Jamur kaya akan antioksidan yang membersihkan tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan kanker. Beta-glukan dalam jamur juga digunakan untuk mengobati kemoterapi atau terapi radiasi.

Meskipun tidak membunuh sel kanker, beta-glukan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan dengan demikian menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, beta-glukan juga mengatasi efek samping mual akibat kemoterapi atau terapi radiasi.

Lima penelitian menganalisis 650 pasien kanker lambung menggunakan lentinan (salah satu komponen jamur) selama kemoterapi menunjukkan bahwa lentinan meningkatkan kesehatan mereka. Vitamin D dalam jamur juga telah terbukti mencegah pertumbuhan sel tumor, dan asam folat dalam jamur juga memainkan peran penting dalam sintesis dan perbaikan DNA, mencegah sel kanker dari mutasi DNA.

3. Menurunkan kolesterol tinggi

Kadar beta-glukan, erythadenine dan chitosan dalam jamur juga membantu menurunkan kadar kolesterol. Sebuah penelitian dilakukan pada orang yang kelebihan berat badan dengan diet jamur. Hasilnya menunjukkan bahwa mengganti daging dengan jamur tiga kali seminggu dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) sebesar 8%, mengurangi trigliserida sebesar 15% dan menurunkan berat badan sebesar 3,6%.

4. Sehat bagi jantung

Serat makanan, kalium dan vitamin C dalam jamur membantu menjaga tekanan darah dan kolesterol, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi.

Sekian artikel tentang Manfaat Jamur semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tags:

About

View all posts by