PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Kerajaan Kutai : Sejarah, Nama Raja, Masa Kejayaan dan Kehancuran

  • Home
  • Pendidikan
  • Kerajaan Kutai : Sejarah, Nama Raja, Masa Kejayaan dan Kehancuran

Lengkap sejarah kerajaan Kutai, raja, kejayaan, kehancuran dan warisan.

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh. Dokumen sejarah: ada banyak sejarah tentang kerajaan nusantara ini, satu demi satu tumbuh dan berkembang dan menghilang, hanya menyisakan sisa-sisa, karena ketidakpedulian masyarakat dalam melestarikan dan melestarikan budaya, bahkan jika itu adalah banyak yang penting untuk masa depan. Sumber : waheedbaly

Berikut adalah beberapa komentar yang akan dibahas berdasarkan dokumen-dokumen sejarah mengenai Kerajaan Kutai, Raja, Zaman Mulia, Keruntuhan beserta relik.

Kerajaan Kutai – Kita tahu bahwa kerajaan ini adalah kerajaan Hindu tertua yang pernah ada di kepulauan ini dan diperkirakan terletak pada abad ke-4 yang terletak di Muara Kaman, Kalimantan Timur di bagian atas sungai Mataram, bukti dari keberadaan Kerajaan Kutai dengan penemuan stupa atau prasasti yang disebut Prasasti Yupa.

Hanya karena tidak banyak penjelasan tentang Kerajaan Kutai, maka sejak ditemukannya tujuh prasasti Yupa yang ditemukan pada waktu itu di daerah Kutai, itulah nama Kerajaan Kutai.

Berdasarkan hasil prasasti Yupa yang bertuliskan bahasa Sansekerta dalam surat Pallawa, dinyatakan bahwa kerajaan Hindu tertua Kutai didirikan, sedangkan Yupa sendiri adalah sebuah monumen batu yang berfungsi sebagai monumen untuk masa para Brahmana bagi kebaikan Raja Mulawarman.

Dalam dokumen sejarah, Raja Mulawarman sendiri adalah putra Raja Asmawarman dan cucu Raja Kudungga, karena kemurahan hati raja yang telah memberikan 20.000 sapi kepada para Brahmana, sehingga namanya tidak salah disebutkan dalam prasasti Yupa.

Nama raja-raja kerajaan Kutai

Raja Kudungga
Raja Asmawarman
Raja Mulawarman
Raja Marawijaya Warman
Raja Gajayana Warman
Raja Tungga Warman
Raja Jayanaga Warman
Raja Nalasinga Warman
Raja Nala Parana Tungga
Raja Gadingga Warman Dewa
Raja Indra Warman Dewa
Raja Sangga Warman Dewa
Raja Candrawarman
Raja Sri Rare Dewa
Raja Guna Parana Dewa
Raja Wijaya Warman
Raja Sri Aji Dewa
Raja Yang Mulia Putra
Raja Nala Pandita
Raja Indra Paruta Dewa
Raja Dharma yang Setia

Inilah nama-nama raja yang memerintah pada saat itu.

Masa kejayaan kerajaan Kutai

Berdasarkan tulisan-tulisan prasasti Yupa, Kerajaan Kutai pada awalnya didirikan oleh Raja Kudungga, kemudian digantikan oleh putranya Raja Asmawarman, kemudian digantikan oleh Raja Mulawarman, sementara kepemimpinan Raja Mulawarman berada di puncak Kutai, kekuatan merangkul Kutai di sebelah timur Kalimantan, dengan demikian menjadikan Kutai sebagai masyarakat Kalimantan Timur yang makmur di semua bidang:

Kehidupan beragama
Karena pada saat itu orang Kutai sangat padat dengan agama Hindu mereka, terbukti dari penemuan prasasti Yupa bahwa ada tempat pemujaan Siwa yang disebut Waprakeswara, jadi itu adalah fakta bahwa orang Kutai memeluk agama Hindu.

Kehidupan budaya
Di bidang budaya orang Kutai menganut ajaran Hindu yang sangat maju, contoh kemajuan budaya orang Kutai melakukan upacara pemberkatan yang disebut Vratyastoma yang dipimpin oleh para imam.

Yang hingga kini masih melekat dalam semua aspek kehidupan sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur, dan ada juga tradisi makan bersama duduk bersila yang bernama Beseprah.

Kehidupan ekonomi
Kehidupan ekonomi masyarakat Kutai didasarkan pada posisi geografis, di sepanjang rute perdagangan Cina dan India, sehingga banyak pedagang berhenti, selain berdagang kehidupan ekonomi masyarakat Kutai pada waktu itu, membudidayakan dan memelihara ternak sebagai alat rezeki. .

Runtuhnya kerajaan Kutai

Awal runtuhnya kerajaan Kutai, dengan kematian Raja Dharma Setia dalam pertempuran melawan raja ketiga belas Kutai Kartanegara bernama Aji Pengeran Anum Panji Mendapa.

Sedikit yang diketahui bahwa Kutai Martadipura berbeda dari Kutai Kartanegara di Kutai Lama, sehingga kemudian dalam catatan sastra Negarakertagama 1365 disebutkan, Kutai Kartanegara menjadi kerajaan Islam sebagai kesultanan Kutai Kartanegara.

About

View all posts by