PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Ini adalah 5 pulau terbesar di Indonesia

Ini adalah 5 pulau terbesar di Indonesia

Indonesia memiliki sejumlah besar pulau, terdiri dari pulau-pulau besar dengan pulau-pulau kecil. Di antara banyak pulau di Indonesia, ada 5 pulau dengan dimensi terbesar. Nah, berikut adalah 5 daftar pulau terbesar di Indonesia.

5 pulau terbesar di Indonesia
5 pulau terbesar di Indonesia dari yang pertama hingga kelima adalah Papua, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi, dan Jawa. Nah, untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat daftar 5 pulau terbesar di Indonesia berikut ini.

Pulau Papua

Pulau Papua menjadi pulau terbesar pertama di Indonesia. Dari dunia luar pulau ini disebut Papua. Pulau ini terletak di Indonesia timur dengan luas sekitar 786.000 kilometer persegi dan merupakan pulau terbesar di antara pulau-pulau lain di nusantara. Di Pulau Papua, ada puncak tertinggi mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut, yaitu Puncak Jaya Wijaya. Pulau Papua dibagi menjadi 2 wilayah, yaitu bagian barat Republik Indonesia dan bagian timur Wilayah Papua Nugini.

Pulau Kalimantan
Kalimantan adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia. Permukaannya adalah 743.330 km persegi. Pulau Kalimantan memiliki nama lain, Kalimantan dan dibagi menjadi 3 wilayah. Selatan adalah bagian dari Indonesia, bagian utara Malaysia dan paling utara adalah negara Brunei Darussalam.

Wilayah di Pulau Kalimantan termasuk dalam kedaulatan Indonesia yang dibagi menjadi 5 provinsi, yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Populasi Indonesia yang menempati 5 provinsi adalah sekitar 13.787.831 orang. Di Pulau Kalimantan ada puncak tertinggi Kinabalu dengan ketinggian sekitar 4.095 meter di atas permukaan laut.

Pulau Sumatra
Pulau Sumatra memiliki luas sekitar 443.065 kilometer persegi. Pulau Sumetera berada di peringkat sebagai pulau terbesar ketiga di Indonesia. Pulau Sumatra terbagi menjadi Aceh, Sumatera Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung. Total populasi provinsi ini adalah sekitar 50.630.931 orang. Puncak tertinggi pulau ini adalah di Gunung Kerinci, dengan ketinggian sekitar 3,805 meter di atas permukaan laut.

Pulau Sulawesi
Dalam bahasa asing, pulau Sulawesi disebut Celebes. Luas total pulau ini sekitar 174.600 km persegi. Pulau Sulawesi termasuk dalam daftar pulau terbesar keempat di Indonesia.

Pulau Sulawesi terbagi menjadi 6 wilayah, yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Provinsi Gorontalo. Dari enam provinsi, total populasi adalah sekitar 17.371.782 orang. Puncak tertinggi yang ditemukan di pulau ini adalah di Rantemario yang memiliki ketinggian sekitar 3.478 meter di atas permukaan laut.

Pulau Jawa
Pulau Jawa memiliki judul pulau terbesar kelima. Pulau Jawa memiliki luas sekitar 126.700 kilometer persegi. Total populasi di Jawa itu sendiri adalah sekitar 136.610.590 orang. Pulau ini dibagi menjadi 6 wilayah, yaitu provinsi Banten, DKI Jakarta, provinsi Jawa Barat, provinsi Jawa Tengah, provinsi Jawa Timur, dan Yogyakarta. Puncak tertinggi pulau ini adalah Semeru dengan ketinggian sekitar 3,676 meter di atas permukaan laut.

Itulah pulau di Indonesia yang termasuk dalam daftar pulau terbesar di Indonesia. Selain memiliki banyak pulau, Indonesia juga memiliki beberapa pulau besar.

Artikel terkait : pulau terbesar di indonesia

About

View all posts by