PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Gerakan sederhana mengatasi nyeri lutut pasien radang sendi

  • Home
  • Kesehatan
  • Gerakan sederhana mengatasi nyeri lutut pasien radang sendi

Ada 2 jenis artritis, artrosis (OA) dan artritis reumatoid (RA) yang paling umum. Keduanya bisa menyebabkan sakit lutut. Meskipun tampaknya bertentangan dengan keluhan yang mereka dengar, tetapi penderita artritis dapat mengatasi nyeri lutut dengan secara rutin melakukan gerakan olahraga yang benar, Anda tahu! Bagaimana Anda melakukannya?

Gerakan sederhana untuk mengatasi nyeri lutut pada pasien radang sendi

Apakah nyeri lutut sering mengganggu aktivitas sehari-hari? Mulai sekarang, cobalah untuk melakukan gerakan sederhana secara teratur untuk membantu rileks, bahkan dengan melatih otot lutut yang kaku dan bengkak.

Gerakan olahraga ini dapat membantu penderita radang sendi untuk meredakan nyeri lutut dengan mengandalkan kekuatan paha. Karena otot paha di bagian depan terhubung langsung ke persendian di lutut.

Begitulah caranya:

Berbaring telentang di lantai atau di tempat tidur, dengan kedua tangan di dekat tubuh dan kaki lurus dengan jari-jari kaki mengarah ke atas.
Perlahan angkat satu kaki, tapi tetap lurus, sambil mengencangkan otot perut.
Tahan kaki selama 5 detik, lalu turunkan perlahan
Ulangi gerakan yang sama pada kedua kaki secara bergantian beberapa kali.

2. Peregangan untuk anggota badan (berbaring)

Jika sebelumnya otot-otot di depan bekerja keras, sekarang kebalikannya. Gerakan ini dapat meregangkan karena memperkuat otot-otot di punggung, yang juga terhubung langsung ke lutut.

Begitulah caranya:

Berbaring di lantai atau di tempat tidur, dengan kedua kaki ditekuk.
Perlahan angkat satu kaki dengan posisi masih bengkok, lalu tarik ke arah dada.
Pegang bagian belakang paha (bukan lutut) dengan kedua tangan untuk membantu menarik, lalu tahan selama 30-60 detik.
Kembalikan lutut yang tertekuk untuk turun dan lurus sejajar dengan lantai seperti pada posisi semula.
Ulangi gerakan secara bergantian di kedua kaki.

3. Pemanjangan kaki

Tidak jauh berbeda dengan latihan sebelumnya, pemanjangan kaki dapat memperkuat otot paha di bagian depan yang secara tidak langsung menangani nyeri lutut.

Begitulah caranya:

Duduklah di lantai dengan tubuh Anda tegak, dengan kedua kaki lurus ke depan dan dengan kedua tangan di sisi tubuh.
Perlahan kencangkan lutut sampai otot terasa cukup rileks. Cobalah untuk tidak merasa buruk.
Pegang bagian bawah paha, lalu pegang selama 5 detik.
Luruskan kaki Anda perlahan, tahan selama 5 detik.
Ulangi gerakan yang sama pada setiap kaki setidaknya 10 kali.

Baca juga:

About

View all posts by