PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Gaya Hidup Sehat

pln-kitsbs.co.id – Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kebiasaan makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik adalah faktor risiko global utama untuk kesehatan. Peningkatan produksi makanan olahan, urbanisasi yang cepat dan gaya hidup yang tidak sehat membuat Anda rentan terhadap berbagai jenis masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Memulai gaya hidup sehat dapat menjauhkan Anda dari risiko kesehatan ini.

Gaya hidup sehat adalah komitmen jangka panjang dengan manfaat kesehatan lengkap untuk tubuh dan hidup Anda. Peningkatan kesehatan fisik, mental dan emosional berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup dan memiliki dampak positif pada orang-orang di sekitar Anda.

Menerapkan gaya hidup sehat

Penerapan gaya hidup sehat harus disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, kesehatan, dan bahkan kebiasaan makan. Hasilnya dapat bervariasi, tidak mungkin untuk melakukan atau mengharapkan perubahan gaya hidup yang sama seperti orang yang kondisi tubuhnya atau status kesehatannya berbeda dari orang-orang di tubuh mereka, seperti model atau idola.

Berikut adalah beberapa cara untuk memulai gaya hidup sehat yang dapat Anda terapkan segera dan menciptakan kebiasaan atau rutinitas baru.

Ketahui status kesehatan Anda dan tentukan janji jika perlu.

Lakukan pemeriksaan tahunan yang tidak pernah atau jarang bisa Anda lakukan dan periksa daftar inokulasi yang perlu Anda terima. Beberapa vaksinasi diberikan lebih dari satu kali pada program tertentu. Buat janji dengan dokter segera jika hasil pemeriksaan rutin menyebabkan kelainan atau vaksinasi.

Periksa indeks massa tubuh Anda (BMI)

dan pengukuran hidup Anda untuk melihat apakah ada faktor risiko untuk kondisi ini, seperti obesitas. Anda dapat melakukannya bersama dengan pemeriksaan rutin. Perhatikan juga tingkat aktivitas fisik Anda, berapa banyak aktivitas yang dilakukan dalam seminggu, dan berapa intensitasnya. Dengan mengetahui kondisi fisik dan kesehatan tubuh Anda, Anda dapat menentukan langkah selanjutnya dalam perubahan gaya hidup sehat yang tepat. Diskusikan jenis kegiatan dan kebiasaan makan yang direkomendasikan untuk kondisi Anda dengan dokter Anda.

Perbaiki pola makan atau diet dan hentikan kebiasaan buruk.

Mulailah membuat daftar jurnal makanan mana yang Anda konsumsi setiap hari. Ya, ini termasuk, misalnya, makanan goreng yang dikonsumsi sambil menunggu jadwal kereta. Lakukan tanpa penilaian. Ingatlah bahwa Anda melakukannya untuk mencari tahu apa yang perlu diubah dari diet lama. Anda tidak dapat beralih ke gaya hidup sehat kecuali Anda tahu kebiasaan lama mana yang perlu dihilangkan atau dipertahankan. Diskusikan dengan dokter dan ahli gizi Anda jenis dan jumlah asupan makanan, serta saran tentang kebiasaan makan lain yang mungkin diperlukan.

Tingkatkan aktivitas fisik dan atasi stres.

Orang dewasa disarankan untuk menyediakan setidaknya dua setengah jam seminggu untuk aktivitas aerobik intensitas sedang (mis. Berjalan dan berlari). Atau Anda dapat merencanakan satu jam dan 15 menit seminggu untuk aktivitas aerobik intensitas tinggi dan aktivitas penguatan otot seperti push-up dan sit-up setidaknya dua hari seminggu. Buat kalender yang fleksibel, realistis, dan menyenangkan dengan kegiatan dan tujuan fisik mingguan.

Menjaga kesehatan mental juga merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Lakukan kegiatan seperti yoga dan meditasi melawan stres. Identifikasi peluang atau kegiatan yang dapat Anda lakukan dalam stres dan emosi, seperti berlari naik dan turun tangga atau berhenti di kamar mandi sejenak untuk mengatur napas. Tidak hanya latihan pernapasan mengingatkan Anda untuk bersyukur, tetapi mereka juga mengevaluasi perspektif dan keputusan yang harus diambil. Ingatlah hal-hal positif yang terjadi dalam hidup dan Anda akan melihat berapa banyak hal yang telah Anda capai atau miliki.

Baca Lainnya:

RUMUS PERKALIAN MATRIX MATEMATIKA KELAS IX

RUMUS MENGHITUNG DENGAN JANGKA SORONG

 

Tags:

About

View all posts by