PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Faktor Umum Yang Menyebabkan Sulit BAB

Banyak asumsi beredar di masyarakat sekitar sembelit, beberapa di antaranya mungkin berbentuk mitos, meskipun ada juga fakta. Beberapa orang mungkin percaya bahwa klaim yang bersirkulasi berhubungan dengan penyebab sulit buang air besar (sembelit) atau cara mengobatinya. Meski apa yang mereka yakini belum tentu menjadi jawaban atas pertanyaan tentang konstipasi itu sendiri.

Faktor umum yang menyebabkan BAB sulit

Pergerakan usus yang sulit atau sembelit dapat terjadi pada siapa saja. Penyebabnya juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah dehidrasi. Terlalu banyak makanan dan kurang minum biasanya juga menyebabkan feses, juga dikenal sebagai feses, menjadi lebih sulit.

Pergerakan usus yang sulit juga dapat terjadi pada orang dengan pola makan yang tidak teratur. Misalnya, Anda jarang makan sarapan dan mulai makan hanya di siang hari. Padahal, sarapan pagi perlu dilakukan agar usus berkontraksi demi buang air besar.

Adapun faktor olahraga, makan lebih sedikit makanan berserat dan terlalu banyak mengonsumsi produk susu juga dapat menyebabkan sulit buang air besar.

Ketahui mitos dan fakta konstipasi

Ketika sulit buang air besar, beberapa orang akan segera menemukan cara untuk melancarkan buang air besar dengan minum banyak air dan makan serat. Meski begitu belum tentu bisa menyembuhkan sembelit. Terlepas dari dua hal ini, masih ada informasi tentang konstipasi yang perlu Anda ketahui kebenarannya.

Berikut adalah mitos dan fakta tentang bab sulit yang sering beredar di masyarakat.

1. Minum banyak air dapat menyembuhkan BAB yang sulit
Pernyataan ini adalah mitos. Minum banyak air bukanlah cara untuk menyembuhkan buang air besar yang sulit. Minum banyak air hanya bisa mencegahnya. Air memiliki fungsi melunakkan tinja, memfasilitasi buang air besar atau besar.

Pergerakan usus yang sulit terjadi karena feses menjadi keras, tersumbat dan menumpuk. Ketika seseorang minum banyak air dengan asumsi itu dapat menyembuhkan sembelit, air hanya memberikan efek pembengkakan. Air sebenarnya akan diserap dari usus dan dikeluarkan melalui urin atau urin.

Dalam keadaan sulit buang air besar, saya sarankan menambahkan 2-4 gelas air dari porsi biasa untuk menghindari dehidrasi.

2. Makan makanan berserat dapat menyembuhkan BAB sulit
Mitos, seperti air, makanan berserat berkontribusi untuk pencernaan dan buang air besar secara teratur, bukan untuk pengobatan sembelit. Konsumsi makanan berserat bukanlah cara untuk menyembuhkan, tetapi untuk mencegah pergerakan usus yang sulit untuk mencegah hal ini terjadi.

Ketika seseorang mengalami kesulitan buang air besar dan makan banyak serat, mereka benar-benar dapat meluncurkan sistem pencernaan. Namun, makan terlalu banyak serat justru dapat menyebabkan tinja tersumbat. Cara mengobati BAB yang sulit sebenarnya adalah menggunakan obat pencahar.

3. Minum kopi bisa mengatasi sembelit
Pernyataan ini adalah mitos. Kopi mengandung kafein dan tidak memiliki efek pencernaan. Pergerakan usus yang sulit dapat diobati dengan obat pencahar yang dapat merangsang gerakan gastrointestinal sehingga pergerakan usus menjadi lancar.

Kafein tidak secara aktif menggerakkan usus. Kafein sebenarnya membuat perut lebih asam asam. Ketika larutan asam memasuki pencernaan, usus dapat teriritasi, terutama ketika perut kosong. Dampaknya, penyerapan usus berkurang lagi karena dindingnya teriritasi oleh zat yang terlalu asam.

Kopi hanya memengaruhi peningkatan asam lambung dan iritasi usus. Kopi bukan jawaban untuk meringankan gejala sulit buang air besar.

4. Sulit buang air besar disebabkan oleh usia
Selesai. Pergerakan usus yang sulit memang bisa disebabkan oleh faktor usia. Ketika Anda menua, saluran pencernaan Anda tidak begitu fleksibel ketika Anda masih muda.

Selain itu, orang tua cenderung kurang berolahraga. Olahraga adalah faktor penting dalam menjaga fleksibilitas usus untuk peristaltik.

Karena itu, usus menjadi kurang lentur atau elastis di usia tua, sehingga tidak jarang lansia mengalami kesulitan buang air besar.

5. Sembelit disebabkan oleh stres
Ini juga fakta. Kondisi sulit dalam buang air besar dapat disebabkan oleh stres. Stres dapat mempengaruhi kerja sistem saraf pusat yang menyebabkan kondisi depresi atau “depresi”. Ini mencegah sistem saraf pusat berfungsi optimal.

Usus dikendalikan secara parasimpatis (tidak disadari oleh pikiran kita) melalui sistem saraf pusat. Dalam kondisi stres, peristaltik usus tidak optimal karena gangguan pada sistem saraf pusat. Dengan cara ini, pergerakan usus untuk memeras makanan dan mendorongnya menjadi tinja tidak bekerja dengan baik. Inilah yang memicu kondisi BAB yang sulit.

Cara meredakan gejala sulit buang air besar

Sulit buang air besar atau sembelit dapat menyebabkan sakit perut. Jika Anda tidak buang air besar lebih dari 3 hari dan perut Anda terasa bengkak, itu bisa menjadi tanda konstipasi. Dalam hal ini, jangan mencari alternatif lain seperti makan pisang, pepaya atau minum banyak air, yang sebenarnya hanya mitos untuk mengatasi sembelit.

Jangan menunda pengobatan bahkan untuk masalah yang sulit. BAB. Penundaan dapat menyebabkan komplikasi, seperti obstruksi usus, wasir dan radang usus.

Selain melihat kondisi dari dokter, Anda juga dapat mengambil obat pencahar yang dijual bebas yang mengandung bisacodyl. Bisacodyl adalah agen stimulasi yang merangsang gerakan usus untuk berkontraksi lebih aktif dan meluncurkan gerakan usus.

Konsumsi obat pencahar yang terkait dengan konsumsi makanan berserat juga dianjurkan, sehingga obat ini dapat bekerja secara optimal untuk mengobati pergerakan usus yang sulit.

Baca juga :

About

View all posts by