PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Faktor Penyebab Mata Sering Megeluarkan Air

  • Home
  • Umum
  • Faktor Penyebab Mata Sering Megeluarkan Air
Faktor Penyebab Mata Sering Megeluarkan Air

Faktor Penyebab Mata Sering Megeluarkan Air

Mata sering berair tanpa alasan di antara kegiatan. Biasanya tidak disertai rasa sakit atau gatal-gatal, meski mata berair sering mengganggu. Apa penyebabnya?

Air mata memainkan peran penting di mata. Air mata menjaga kelembaban di mata Anda dan membantu menghilangkan partikel atau debu yang masuk ke mata Anda. Komposisi air mata juga dapat melindungi mata dari infeksi. Air mata keluar melalui saluran air mata. Jika terlalu banyak air mata terbentuk, saluran air mata mengisi dan air mata muncul.

Faktor Penyebab Mata Sering Megeluarkan Air

Faktor Penyebab Mata Sering Megeluarkan Air

Penyebab mata berair
Mata berair dapat memiliki berbagai penyebab, termasuk alergi, infeksi, saluran air mata yang tersumbat, dan keseimbangan komponen air mata yang tidak merata.

Reaksi alergi
Banyak orang memiliki alergi dan banyak yang mengabaikan reaksi alergi mereka. Penyebab paling umum dari reaksi alergi adalah serbuk sari, bulu hewan dan asap, yang dapat menyebabkan mata kemerahan, gatal dan berair. Untuk meringankan reaksi alergi, dapat dikurangi dengan antihistamin atau dokter dapat dikonsultasikan.

infeksi mata
Tanda-tanda infeksi di mata tampak merah muda atau merah, bersama dengan air mata dan peradangan yang berlebihan. Tanda-tanda lain seperti penglihatan kabur, nanah, lendir di mata atau penampilan merah di kelopak mata. Terapi terapi dapat dilakukan dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab infeksi bakteri atau virus.

Saluran air mata diblokir
Mata memiliki tabung seperti tabung yang dapat menghasilkan air mata dan mengalir ke hidung. Jika saluran menyempit atau tersumbat, air mata dan mata berair bisa terbentuk. Tanda-tanda saluran tersumbat adalah lendir, bulu mata tajam, penglihatan kabur dan darah menangis. Jika ini terjadi berulang kali, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk mendapatkan terapi yang tepat

Mata kering
Jika mata menjadi iritasi karena makan, sistem kekebalan tubuh dapat bereaksi dengan air mata. Kondisi ini umumnya disertai dengan sensasi berduri, terbakar, kemerahan, dan masalah penglihatan. Mata kering dapat diobati dengan air mata buatan. Jika kondisinya tidak membaik, hubungi dokter spesialis mata.

gangguan kelopak mata
Kelopak mata adalah bagian dari sistem yang melembabkan mata. Ketika gangguan terjadi di salah satu organ sistem, air mata tidak mengalir sebagaimana mestinya dan membuat mata berair.

Bulu mata tumbuh kembali
Beberapa orang telah mengalami pertumbuhan bulu mata yang tidak biasa yang mengarah ke mata dan menyebabkan gesekan dengan mata. Kondisi ini dapat menyebabkan iritasi dan pembentukan air mata yang berlebihan. Bulu mata yang tumbuh harus dihilangkan dan harus dengan bantuan dokter. Karena jika kondisinya dibiarkan sendiri, masalah serius seperti goresan dan peradangan kornea dapat terjadi.

masalah kornea
Penyakit kornea seperti goresan kecil pada luka dapat terjadi. Kornea juga bisa meradang atau disebut keratitis. Gejala yang muncul ketika kornea tergores adalah berair, menyakitkan, dan sangat sensitif terhadap mata berwarna terang.

Untuk menyiasatinya, Anda dapat membilas mata dengan larutan salin steril dan mengedipkan mata beberapa kali, atau tarik kelopak mata atas ke bawah secara bertahap untuk menghilangkan partikel atau benda yang menyebabkan masalah. Minta dokter Anda untuk menghindari infeksi.

Baca Juga :

About

View all posts by