PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Definisi Proposal Menurut Para Ahli

pln-kitsbs.co.id – Apa itu proposal? Definisi proposal adalah rencana yang dibuat secara tertulis dalam bentuk rencana kegiatan dan dijelaskan secara sistematis dan terperinci. Proposal umumnya digunakan sebagai pedoman kerja atau referensi dalam pelaksanaan kegiatan yang direncanakan.

Secara etimologis, proposal berasal dari bahasa Inggris, yaitu proposal, yaitu presentasi / presentasi atau permintaan. Satu pihak menawarkan proposal untuk menawarkan ide, ide, atau rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan. Dukungan ini dapat berupa izin, izin, dana, dll.

Definisi proposal menurut para pakar

Untuk memudahkan pemahaman proposal, kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah pemahaman tentang saran ahli:

1. Hasnun Anwar
Menurut Hasnun Anwar, definisi proposal adalah rencana yang disiapkan untuk kegiatan tertentu.

2nd Jay
Menurut Jay, gagasan saran adalah alat manajemen standar untuk manajemen organisasi agar bekerja secara efektif dan efisien.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Definisi proposal, menurut KBBI, adalah rencana yang dijabarkan dalam bentuk rencana kerja yang menyediakan perencanaan yang sistematis, hati-hati dan hati-hati, yang dilakukan oleh peneliti sebelum penelitian, baik dalam pekerjaan lapangan dan dalam penelitian kepustakaan.

Tujuan proposal

Secara umum, tujuan proposal adalah untuk mendapatkan di satu sisi persetujuan atau persetujuan rencana atau proyek yang akan dilaksanakan. Selain itu, sering disarankan untuk meminta pendanaan / sponsor bekerja sama dengan pihak lain.

Selain menjelaskan rincian kegiatan yang akan dilakukan, proposal juga umumnya mencakup sumber daya yang diperlukan untuk implementasi. Oleh karena itu, isi umum proposal harus dipahami oleh pihak lain yang memerlukan otorisasi / persetujuan atau bantuan keuangan.

fungsi proposal

Proposal dibuat, tentu saja, ada fungsi dan tujuan baik bagi pihak yang membuat proposal dan bagi mereka yang menerima proposal. Berikut adalah beberapa fitur proposal:

Di bidang penelitian umum, proposal berfungsi sebagai dasar untuk melakukan penelitian tentang masalah sosial, budaya, agama, ekonomi dan lainnya.
Dalam bidang bisnis atau komersial, proposal berfungsi sebagai ilustrasi dan proyeksi untuk memulai sebuah perusahaan.
Proposal ini bertujuan untuk memberikan informasi terperinci tentang suatu kegiatan ketika dana disediakan untuk kegiatan seperti perayaan, seminar, pelatihan, dll.
Dalam satu proyek, proposal berfungsi sebagai dasar untuk mengadakan panggilan lembaga publik dan swasta untuk tender.
Jenis saran
Secara umum, saran dapat dibagi menjadi empat jenis. Mengenai definisi proposal di atas, beberapa saran dibuat di sini:

1. Usulan kegiatan
Ini adalah proposal untuk melakukan suatu kegiatan. Isi proposal kegiatan adalah presentasi rencana kegiatan untuk individu dan kelompok, seperti: B. Seni dan budaya.

Proposal kegiatan ini sering mencakup aplikasi bagian tertentu. Sebagai kompensasi, organisasi kegiatan untuk donor menawarkan sesuatu yang bermanfaat, seperti ruang iklan.

2. Proposal komersial
Ini adalah saran untuk dunia bisnis, baik perorangan maupun kelompok. Contohnya adalah proposal untuk memulai bisnis, proposal untuk kerjasama antara perusahaan dan lainnya.

3. Proposal penelitian
Proposal jenis ini umumnya digunakan di bidang akademik. Contoh proposal penelitian adalah untuk penyusunan skripsi, skripsi dan lain-lain. Proposal ini dibuat sebagai model untuk kegiatan penelitian.

4. Usulan proyek
Proposal jenis ini umumnya digunakan dalam dunia bisnis, di mana isi proposal mengacu pada serangkaian rencana bisnis. Contohnya adalah proposal untuk proyek pengembangan.

Sumber: https://www.masterpendidikan.com/2015/09/unsur-unsur-proposal-dan-contohnya-lengkap.html

Baca Artikel lainnya:

DEFINISI BILANGAN BULAT SERTA CONTOHNYA

GAYA HIDUP HIJAU/ GREEN LIFESTYLE

 

Tags:

About

View all posts by