PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Berbagai Penyebab Mual Muntah di Sertai Demam

Siapa pun dapat mengalami mual, muntah disertai demam. Meski begitu, kondisi ini paling sering dialami oleh anak kecil karena sistem kekebalan tubuh mereka belum stabil untuk melawan penyakit. Lantas apa penyebab mual dan muntah yang disertai demam? Lihat jawabannya di artikel ini.

Penyebab mual dan muntah disertai dengan demam

Mual, muntah disertai demam umumnya merupakan gejala dari beberapa penyakit atau infeksi. Kondisi ini adalah cara tubuh merespons serangan penyakit.

Ada banyak hal yang bisa memicu mual dan muntah disertai demam. Karena itu, perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. Jangan lupa untuk memberi perhatian khusus pada gejala atau tanda lain yang mungkin muncul.

Berikut ini adalah penyebab mual dan muntah yang paling umum:

1. Infeksi saluran pencernaan
Muntah (gastroenteritis) adalah jenis infeksi saluran pencernaan yang gejalanya ditandai dengan mual dan muntah disertai demam. Infeksi ini umumnya disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit. Seperti namanya, selain demam dan muntah, muntah juga dapat menyebabkan gejala lain seperti sakit perut dan diare.

Lebih lanjut, radang usus buntu (radang usus buntu) juga bisa menjadi penyebab mual dan muntah disertai demam. Gejala-gejala dari kondisi ini termasuk sakit perut yang parah di kanan bawah dan penurunan nafsu makan yang tajam. Apendiks harus segera diobati, karena jika tidak diperiksa dalam waktu lama dapat merusak dan menginfeksi organ pencernaan di sekitarnya.

2. Infeksi pada bagian tubuh yang lain
Demam adalah respons tubuh yang paling penting untuk melawan infeksi. Infeksi yang paling umum yang menyebabkan demam adalah sakit tenggorokan, infeksi telinga, infeksi pernapasan, infeksi saluran kemih, dan infeksi paru-paru seperti pneumonia. Pada beberapa orang, demam juga bisa disertai mual dan muntah.

3. Keracunan makanan
Jika setelah makan sesuatu, Anda mengalami mual dan muntah dan demam, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda meracuni makanan yang telah terkontaminasi bakteri. Kondisi ini juga dapat disertai dengan diare, tetapi biasanya tidak serius dan dapat dalam beberapa hari tanpa perawatan medis khusus.

Tetapi segera kunjungi dokter jika …
Sebagian besar kasus mual dan muntah disertai demam dapat pulih dengan cepat setelah dirawat dengan obat penghilang rasa sakit. Namun terkadang, kondisi ini dapat menandakan masalah yang lebih serius. Jadi segera ke rumah sakit terdekat jika tanda dan gejala berikut terjadi:

Sakit perut parah
Muntah tidak berhenti selama lebih dari 12 jam.
Pincang, lesu. dan mudah tidur.
Kurang atau sulit bernafas.
Demam 40º Celcius atau bahkan lebih tinggi, yang berlangsung lebih dari 3 hari.
Untuk dapat memastikan penyebabnya, dokter dapat melakukan tes darah dan tes dukungan lainnya sehingga Anda bisa mendapatkan perawatan yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Baca juga :

About

View all posts by