PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Bagaimana memilih bahan handuk yang tepat

Setelah mandi, Anda akan mengeringkan tubuh dengan handuk, bukan? Kecuali jika Anda rela membasahi pakaian Anda. Nah karena handuk selalu bersentuhan langsung dengan kulit, cara memilih dan merawat tidak boleh lalai, lho! Apakah Anda tahu cara mencucinya dan kapan menggantinya dengan yang baru?

Bagaimana memilih bahan handuk yang tepat

Kebanyakan orang mungkin akan membeli kain lembut dan memiliki warna yang bagus. Jika memungkinkan, itu juga memiliki alasan menarik. Namun, pertimbangan Anda sebaiknya tidak berhenti di situ. Saat dihadapkan dengan berbagai pilihan, pastikan Anda:
1. Jangan menyentuhnya

Kebanyakan orang pasti tanpa berpikir segera memilih handuk yang lembut. Meski begitu, masih mungkin bahwa kain telah melunak sebelumnya selama proses produksi. Inilah yang membuat perasaan lembut terus bertahan di toko.

Bahkan, perasaan kelembutan biasanya tidak akan bertahan lama. Setelah dicuci beberapa kali, Anda akan merasakan bahwa tekstur bahan aslinya tidak semulus yang pertama kali.

Solusinya, coba periksa label deskriptif yang tercetak di sisi jahitan. Pilih kain untuk mengeringkan tubuh yang mengatakan katun 100% untuk memastikan bahwa kainnya lembut dan menyerap air dengan sempurna.
2. Tentukan ukurannya

Handuk tersedia dalam berbagai ukuran berbeda. Sekarang, apa yang perlu Anda lakukan adalah menyesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran tubuh Anda.

Jika tubuh Anda besar dan ingin kain menutupi hampir semua tubuh, Anda dapat memilih antara sedang atau besar.

Bagi Anda yang hanya tertarik dengan fungsi penyerapan air, cukup pilih ukuran yang kecil. Meski kecil, bahan ini cukup efektif untuk mengeringkan tubuh.

3. Periksa ketebalannya

Tidak hanya terlihat, tetapi juga memegang kain. Coba perhatikan baik-baik rambut di handuk, apakah tebal atau tipis.

Kain untuk mengeringkan tubuh sering memiliki banyak bulu, sehingga tidak memberi Anda cacat untuk melihat permukaannya. Ini membuat kain mampu menyerap banyak air.

Sebaliknya, rambut pendek biasanya menunjukkan bahwa kainnya tipis dan tidak terlalu efektif menyerap air.
4. Periksa jahitannya

Jahitan di sepanjang sisi lembaran adalah kunci keawetan dan daya tahan bahan. Handuk yang baik adalah handuk yang memiliki kekuatan, tidak ada tanda kerusakan benang.

Oleh karena itu, perlu untuk memeriksa poin sebelum memutuskan untuk membelinya.
Tips merawat handuk yang tepat agar tahan lama
Sumber: Buletin Pagi

Handuk yang digunakan setiap kali setelah mandi rentan terhadap kelembaban. Jika tidak dirawat dengan baik, kain ini untuk mengeringkan tubuh dapat dengan mudah berubah menjadi sarang kuman, lho! Jadi jangan gantung di kamar setiap kali Anda menggunakannya.

Di antara program mencuci, bungkus kain di bawah sinar matahari langsung. Selain mengeringkannya untuk digunakan nanti, pengeringan juga membunuh bakteri yang bersembunyi di antara serat-serat kain.
Waktu yang ideal untuk mencuci handuk
Sumber: rumah cabang utara

Bahkan jika telah dikeringkan setiap kali dikonsumsi, handuk yang digunakan berulang kali harus tetap dicuci secara teratur. Karena bakteri bisa datang dari mana saja lalu bersembunyi di dalam serat material. Bakteri dapat berasal dari air mandi yang diserap berkali-kali, dari tubuh Anda atau dari lingkungan.

Karena itu, disarankan untuk mencuci handuk secara rutin setiap 2-3 hari, tergantung seberapa sering mereka menggunakannya. Kain pengeringan yang digunakan sekali sehari dapat digunakan hingga tiga kali sebelum dicuci. Sementara jika Anda terbiasa mandi dua kali, cuci kain untuk mengeringkan tubuh Anda setelah 3-4 kali.

Namun, perhatikan juga cara mencucinya. Setiap handuk biasanya memiliki aturan pemeliharaan yang tertera pada label. Apakah itu dicuci dengan air panas, tidak dicuci dengan mesin cuci, Anda tidak boleh menggunakan terlalu banyak deterjen dan sebagainya.

Jadi sebelum Anda memasukkannya ke mesin cuci, baca dulu labelnya. Memperhatikan aturan pencucian dan perawatannya dapat membantu memperpanjang masa manfaatnya.

Baca juga :

About

View all posts by