PLNKitsbs.co.id

Wadah Berbagi Para Penduduk Indonesia

Untitled

Memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi tentu merupakan tantangan bagi Anda yang sedang berpuasa. Karena penderita hipertensi sering mengeluh pusing dan mual. Ini tentu akan mengganggu hari-hari puasa. Kabar baiknya adalah bahwa gejala hipertensi dapat dengan mudah diatasi, asalkan Anda memilih makanan yang tepat saat fajar. Jadi, apa saja menu sahur untuk hipertensi yang aman dan sehat? Lanjutkan membaca ulasan berikut.

Pilihan menu Sahur untuk hipertensi sehat dan aman

Hipertensi atau hipertensi arteri adalah suatu kondisi di mana tekanan darah seseorang mencapai lebih dari 140/90 mmHg. Faktanya, tekanan darah normal bervariasi antara 90/60 mmHg dan 120/80 mmHg.

Dilansir dari NHS UK, orang dengan tekanan darah tinggi bisa berpuasa. Namun, dengan catatan kondisi tubuhnya stabil. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk memperhatikan asupan makanan harian Anda, terutama saat matahari terbit, untuk mencegah gejala hipertensi dari berulang setiap saat.

Tidak hanya membantu menurunkan tekanan darah, memilih makanan yang tepat saat sahur dapat membantu meningkatkan energi selama puasa dan mengurangi risiko edema atau penumpukan cairan dalam tubuh.

Nah, berikut ini berbagai menu sahur untuk hipertensi yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda di rumah.
1. Nasi goreng sayuran
Sumber: Malsana

Jika Anda mencari menu sahur untuk hipertensi praktis, maka nasi goreng adalah jawabannya. Ya, nasi goreng adalah salah satu makanan yang mudah dicapai dalam waktu singkat dan dapat dibuat dengan berbagai bahan makanan sehat lainnya.

Saat menggoreng, gunakan minyak zaitun yang kaya akan lemak dan antioksidan yang sehat sehingga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Faktanya, sebuah studi ilmiah yang dilakukan di Spanyol pada tahun 2015 menunjukkan bahwa minyak zaitun dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Agar lebih sehat, tambahkan berbagai jenis sayuran ke nasi goreng buatan rumah Anda. Misalnya brokoli, sawi, kacang polong dan sayuran lainnya. Karena sayuran hijau mengandung kandungan kalium tinggi yang dapat membantu menghilangkan kelebihan garam dalam tubuh melalui urin. Ini tentu berguna untuk menjaga tekanan darah stabil selama puasa.
2. ikan sarden

manfaat ikan sarden

Ikan Sardin adalah jenis ikan yang dikonsumsi dengan baik sebagai menu makanan untuk pasien hipertensi. Karena kandungan asam lemak omega-3 dalam sarden dapat membantu mengendalikan tekanan darah, mengurangi peradangan dan mencegah penyakit jantung.

Agar sahur Anda lebih sehat, lengkap dengan sepiring nasi merah yang mengandung serat tinggi. Ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan tidak mudah kelaparan selama puasa.
3. Sandwich dengan roti gandum

sandwich gandum

Menu sahur untuk hipertensi, jadi itu roti isi roti gandum. Mengapa Anda punya roti gandum?

Lu Wang, seorang peneliti di Harvard Medical School di Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa serat dan nutrisi dalam gandum dapat membantu mencegah peningkatan tekanan darah. Selain itu, gandum utuh juga mengandung vitamin B dan karbohidrat kompleks.

Belum lagi indeks glikemik, roti gandum rendah sehingga bisa diserap lebih lama oleh tubuh. Sebagai hasilnya, seseorang tidak mudah kelaparan selama puasa.

Secangkir roti plus telur dadar atau telur goreng bisa menjadi hidangan yang membangkitkan selera saat fajar. Namun, gunakan saja bagian putih telur dengan kadar kolesterol lebih rendah sehingga tidak cepat meningkatkan tekanan darah.

Untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral, tambahkan berbagai jenis sayuran segar seperti bayam, tomat, mentimun atau selada. Voila! Menu sahur untuk hipertensi akan terasa lebih lezat dan sehat secara alami.

Baca juga :

About

View all posts by